Coretan di ruang rindu…

Mengikuti kuliah tamu Prof. Pitoyo Hartono

Alhamdulillah, setelah awalnya saat mendaftar saya tidak kebagian tempat, mengingat tempat yang terbatas. Dan kemudian akhirnya direvisi karena diberikan tambahan tempat dengan dilakukan pemindahan tempat sesuai info saya yang terakhir. Akhirnya saya bisa mengikuti kuliah tamu ini.

Saat itu saya datang pukul 13.30 dan ternyata tempat penyelenggaraannya kembali ke posisi semula (RKB Conference). Alhasil peserta dibagi menjadi 2 tempat secara otomatis salah satu bagian kelas lainnya hanya bisa menyimak melalui layar video. Hmm..😦 Saya pun awalnya hanya mendapat tempat disini, tapi tidak masalah yang penting bisa menyimak dan mendapat ilmu dari Prof. Pitoyo.

Pukul 14.00 acara belum dimulai karena beliau masih dalam perjalanan melalui Ferry, saya pun menunggu dengan teman-teman diluar sementara hanya jaket saya yang saya taruh dikursi sebagai penanda bahwa telah ada yang membooking tempat tersebut hehe.

Kira-kira pukul 15.00, Prof. Pitoyo akhirnya datang juga, saat akan masuk ke ruangan tersebut ternyata peserta tambah membludak, jaket yang saya gunakan sebagai penanda pun tidak ada gunanya -_-. Untungnya, pada ruang RKB Conference masih ada beberapa tempat dideret depan yang sejatinya disediakan untuk dosen. Saya pun duduk didepan dan bisa menyimak kuliah tamu beliau.

Dengan dimoderatori oleh bapak Dr. Arif Muntasa, proses kuliah tamu Prof. Pitoyo pun berlangsung menarik. Beliau menjelaskan tentang riset yang didalaminya selama di Jepang yaitu tentang Adaptive Robotics. Penjelasan dimulai dari sejarah singkat pembuatan robot pada almamater kampus beliau, Waseda University. Kemudian teknik-teknik yang diterapkan pada Adaptive Robot dimana robot ini memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri. Robot yang dibuat baik dipelajari secara logika dan intuisi, melalui gerakan tersebut didiagnosa bagaimana pola yang sesuai. Sampai pada kesimpulan yang menginspirasi untuk mengembangkan riset secara lebih lanjut. Dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang menarik.

Dan diakhir sesi, beliau pun memberikan semangat yang terpenting adanya kemauan untuk terus belajar. Kadang melalui proses bermain-main dalam pembelajaran akan dapat menghasilkan ide kreatif. Dan semestinya dengan keterbatasan akan memunculkan benih inovasi.

Hmm.. salut buat Prof. Pitoyo. Beliau memiliki dedikasi dibidangnya dan tidak lupa dengan negerinya. Dengan berbatik dan masih bisa berbicara dalam bahasa daerah (Jowo Suroboyo hehe) masih mau menyempatkan berbagi ilmu di kampus saya.  Saya sangat berterima kasih pada beliau atas waktu dan semuanya, meski dengan segala kekurangan. Semoga bermanfaat bagi kami semua. Dan saya harap beliau pun mau bekerjasama di Indonesia khususnya dengan kampus saya sesuai harapan para petinggi fakultas, demi kemajuan Indonesia. Semoga🙂

O iya, setelah acara selesai, saya cari jaket saya di ruangan sebelah dan ternyata sudah raib. Duh, jaket buluk kayak gitu kok ya hilang -_-. Ya mohon kalau ada yang nemu mbok dibalikin ya.. jaket perjuangan itu. Tapi kalau pun hilang yang sudah tidak apa-apa. Yang penting bisa foto sama beliau *eh.

hehe.🙂

2 responses

  1. Waw, kalah cepat nih saya, saya baru saja mau posting. Oke tapi gak apa2 keren kawan tulisannya, baca juga tulisan saya di http://wahyualamsyah.wordpress.com dan http://alamenulis.wordpress.com

    June 21, 2011 at 9:52 am

    • pashboy

      hmm, sudah terindeks om google rupanya hehe,
      suatu kehormatan blog saya dikunjungi oleh Klebun Plat-M🙂, terima kasih kunjungannya..
      Ok, akan berkunjung balik..
      btw sebelumnya banner Plat-M sudah saya pasang diblog saya tanpa ijin, sekalian ijin disini pak Klebun.. salam kenal ya..

      June 28, 2011 at 5:08 pm

Leave a Reply

